HANYA SEKEDAR CUAPCUAP. THIS IS MY LIFE, WHATEVER YOU SAY~

Jumat, 06 Maret 2015

SISTEM PENAMBANGAN CUT AND FILL



Pengertian : Cut and Fill adalah pekerjaan memotong tanah atau menurunkan elevasi permukaan tanah sesuai dengan yang direncanakan.
Proses : Bijih diambil dalam potongan yang sejajar,( pararel slaise) dan setiap potongan yang telah diambil dilakukan pengisian dengan weste fiill dalam stope sehingga menyisakan ketinggian ruang yang mencukupi untuk melakukan pemboran .bijih penambangan mengarah keatas dari sebuah haulage way ( croc cut, drive, dll) dengan membuat cribet ore chute dan manway. Matrial filling digunakan sebagai tempat berpijak.apabila bijih diledakkan dan telah diambil,maka timberet chute dan manway diperpanjang sebelum dilakukan kegiatan filling dilakukan untuk mengisi ruang yang terbentuk.
Untuk gambaran cut and fill adalah sebagai berikut :
Sumber : http://buana-poetra-mining.blogspot.com/2011/10/jawaban-essay-tambang-bawah-tanah_15.html

A. Cut and Fill Stoping
Didasarkan pada cara penyanggaan dan penambangannya, maka system tambang bawah tanah cut and fill stoping termasuk dalam kelompok metode supported stoping, yaitu metode penambangan yang memerlukan penyanggaan. Pemakaian cut and fill cocok untuk ketebalan endapan bijih 1 meter ± 6meter atau suatu endapan mendatar tetapi cukup tebal, mempunyai dip > 45o
 (sebaiknya untuk vein), endapan bijih keras akan tetapi batuan induk lunak ataukurang kompak, endapan memiliki nilai tinggi.Cara kerja pada metode cut and fill stoping harus sempurna dan cermat,dan memerlukan biaya yang cukup besar. Kalau akan mengisi filling material,cribbing harus dinaikkan terlebih dahulu, agar material jangan jatuh ke dalam orepass. Cut and fill stoping merupakan metode penambangan dengan arahpenggalian ke arah atas, dimana bijih digali dengan bentuk irisan horizontal atau³cut´ pada stope dan digantikan dengan waste (pengotor dari bijih) sebagaitimbunannya. Dan juga dipergunakan pada badan bijih yang memiliki lapisan horizontal, dimulai dari bagian bawah lapisan dan maju ke atas hingga kepermukaan. Dengan adanya penambahan langkah pengisian kembali lubang bukaan (backfilling) pada kegiatan penambangan dari tiap irisan bijih yang diambil, maka bijih harus mempunyai kadar cukup tinggi untuk menutupipenambahan biaya pengeluaran. Kegiatan penambangan bawah tanah denganMetode cut and fill biasanya dipergunakan untuk penambangan bijih baik berupa endapan maupun berupa vein yang cukup lebar dan besar.
Cara Penambangan
Pada kebanyakan cut and fill stopping, kemajuan penambangan dilakukan naik sepanjang badan bijih miring. Kemajuan penambangan dilakukan didalam suatu siklus yang meliputi tahapan aktivitas sebagai berikut :

1.            Pemboran dan peledakan untuk batuan berlapis dengan ketebalan 3 m dilakukan pada atapstope.
2.            Scalling dan penyanggaan meliputi pemindahan loose material dari atap dan dinding stopeserta cara penempatan penyanggaan.
3.            Pemuatan dan pengangkutan bijih, dimana bijih secara mekanis dipindahkan dari dalam stope ke ore pass, kemudian jatuh ke jalan pengangkutan oleh gravitasi.
4.            Pengisian kembali (back filling) stope yang telah kosong diisi kembali dengan material filling.

1 komentar:

  1. assalamu alaikum put mau tanya, klo sy pnya areal 16 ha,d dlmnya ada granit fresh tebal rata2 90m,granit lapuk 21m,bongkah2 lepas 10m,tanah penutup 2m, gmn cr perhitungan cut and fill nya, elevasi rata2 8 mdpl, trm ksh y,wass.wr.wb (agus-smk bhs tbh pwkrt)

    BalasHapus